DAU DIPOTONG, INILAH SIKAP POSITIF LEGISLATOR PKS KAB PAS

zaini ok

Pasuruan, metrosoerya–Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 125/PMK.07/2016 tentang penundaan penyaluran sebagian Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun 2016 sudah ditandatangani oleh menteri keuangan yang baru, Sri Mulyani Indrawati.

Ditandatanganinya Permenkeu ini mengakibatkan beberapa daerah mengalami penundaan atau pemotongan Dana Alokasi Umum (DAU) di Tahun 2016. Dari sekian banyak yang mengalami, Kabupaten Pasuruan juga termasuk yang mengalami pemotongan.

Menanggapi hal ini M Zaini, legislator PKS meminta semua pihak bersikap wajar bahwa mau tidak  mau pemda Pasuruan harus mau menerima pil sangat pahit ini dan yang paling penting harus menanggapi pemotongan ini dengan respon baik.

“Kita harus positif, dan harapan saya,  jajaran pemda Pasuruan segera merasionalisasi seluruh anggarannya, jangan sampai program untuk rakyat yang dikorbankan. Pembangunan kantor atau fasilitas baru kalau belum dimulai, jangan dilanjut,” jelas Zaini

Masih menurut Zaini, penggunaan sarana dan prasarana dinas dan kantor harus berhemat, kegiatan yang bersifat seremonial dan besar-besaran  harus dikepras anggarannya kemudian dibuat sesederhana mungkin tanpa menghilangkan esensi acaranya.

“Nanti, harus membuat perencanaan yang matang dan terukur disetiap kegiatannya sehingga silpa (selisih lebih penggunaan anggaran)  tiap tahunnya turun drastis dan eksekutif sesegera mungkin menyerahkan draft KUA PPAS Perubahan hasil rasionalisasi ke DPRD untuk dibahas bersama. Mohon waktunya jangan teralalu mepet dengan batas akhir, karena nampaknya bakalan panjang pembahasannya bersama DPRD,” tegas Zaini.

“ Intinya, sekali lagi pemotongan dana DAU tersebut tidak boleh berpengaruh terhadap kinerja dan program Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta tetap harus pro rakyat,” pungkas pria asal Bangil ini. (mas pas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *