DESA KENEP, DESA PEMBUAT KOPYAH BERKUALITAS EKSPOR

kenep metrosoerya 1

Beji, metrosoerya.com – Tidak disangka ternyata di Kabupaten Pasuruan ada sebuah desa yang memiliki home industry bertaraf internasional, Desa kenep, kecamatan Beji. Industri rumah tangga tersebut adalah milik seorang Kepala Dusun Kluncing Legi yakni Abdul Hamid  yang bergerak dibidang produksi kopyah. Dalam sehari memproduksi ratusan kopyah untuk dikirim ke Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Jakarta, Jawa Barat, Lumajang, Probolinggo, Jember , Lombok hingga Korea Selatan.

kenep metrosoerya 2

Dalam memulai usahanya, ia menuturkan bahwa pertama kali membuat dari bahan yang tidak berkualitas, seperti kertas karton dan kertas semen. Hingga seiring dengan berjalannya waktu pria murah senyum ini mengubah produksinya untuk menjadi berkualitas, yaitu dengan mesin pembuat kopyah secara manual. Dengan begitu usahanya  menjadi lebih meningkat. Hingga sekarang sudah memiliki 2 unit mesin bordir komputer sendiri.

Kepala Desa Kenep Samsul Arifin berharap bahwa home industry tersebut usahanya lebih ditingkatkan untuk kemajuan wilayah Desa Kenep dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Tidak hanya itu saja, Kades Samsul juga berharap dibidang pertanian juga harus lebih ditingkatkan lagi termasuk tanaman polowijo.

kenep metrosoerya 3

“Untuk yang paling bagus pertaniannya adalah tanaman padi, disamping itu ada juga pohon mangga gadung yang terletak di Dusun Sumur Gemuling dan Dusun Kluncing Legi”, ungkap Samsul.

Desa Kenep mempunyai luas wilayah 330 hektar dan mempunyai 4 dusun, antara lain Dusun Kenep Krajan, Kenep Gunungan, Kluncing Legi dan Sumur Gemuling. Secara geografis, desa Kenep berbatasan dengan wilayah keamatan Bangil dan kecamatan Padaan. Jumlah penduduknya adalah 3.219 jiwa dan mayoritas pekerjaan penduduknya adalah bertani. (dndg/duro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *