GOL MATA, ROONEY DAN IBRA MENANGKAN MU DI LAGA PERDANA EPL

mu menang

Bournemouth, metrosoerya.com–Manchester United mengawali perjalanannya di Premier League 2016/2017 dengan kemenangan. The Red Devils mengalahkan tuan rumah Bournemouth dengan skor 3-1.

Berkunjung ke Vitality Stadium, Minggu (14/8/2016) malam WIB, MU memasang tiga pemain barunya. Zlatan Ibrahimovic menjadi ujung tombak, Eric Bailly tampil di posisi bek tengah, sementara Henrikh Mkhitaryan masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua. Adapun Paul Pogba belum bisa diturunkan karena terkena larangan bermain.

Meski tidak tampil istimewa pada babak pertama, MU unggul 1-0 saat turun minum. Gol pertama mereka di Premier League musim ini dicetak oleh Juan Mata pada menit ke-40.

MU menampilkan permainan yang lebih baik pada babak kedua. Gol Wayne Rooney pada menit ke-59 dan Ibrahimovic pada menit ke-64 membawa tim tamu unggul 3-0.

Bournemouth menipiskan ketertinggalan lewat gol Adam Smith pada menit ke-69. Akan tetapi, cuma itu saja gol yang bisa diciptakan oleh kubu tuan rumah.

Kemenangan ini menempatkan MU di puncak klasemen sementara dengan tiga poin. Bournemouth menghuni posisi terbawah dengan poin nol.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim cenderung bermain hati-hati pada menit-menit awal. Permainan didominasi perebutan bola di lini tengah sehingga tak banyak aksi di kotak penalti.

Gawang MU sempat terancam pada menit keempat setelah Luke Shaw membuat kesalahan dalam mengontrol bola di kotak penalti. Bola kemudian direbut oleh Callum Wilson. Beruntung buat MU, tembakan Wilson masih melebar.

Bournemouth lebih mendominasi permainan dalam 20 menit pertama. Sementara MU kesulitan mengembangkan permainan. Serangan-serangan tim tamu begitu mudah dipatahkan oleh Bournemouth.

Permainan MU mulai membaik sejak menit ke-24. Setelah tembakan keras Anthony Martial masih melenceng, MU kembali mendapatkan kesempatan pada menit ke-27. Dalam sebuah serangan yang tersusun rapi, Rooney menyambar umpan dari Mata dengan sebuah sepakan mendatar. Namun, tembakan Rooney bisa diamankan oleh kiper Bournemouth, Artur Boruc.

MU memecahkan kebuntuan pada menit ke-40 setelah Mata mencetak gol. Gol Mata ini bisa dibilang berbau keberuntungan.

Barisan belakang Bournemouth tampaknya akan dengan mudah mengantisipasi sebuah umpan panjang yang dilepaskan kubu MU. Simon Francis menguasai bola dan berupaya melakukan back pass kepada Boruc. Tapi, Francis menyepak bola terlalu pelan, sehingga bola justru direbut Mata sebelum sampai ke Boruc.

Mata kemudian menembak, tapi usahanya bisa dihalau Boruc. Si kulit bundar lantas mengenai Francis dan memantul lagi ke arah Mata. Mata yang seperti mendapatkan durian runtuh pun tanpa pikir panjang menceploskan bola ke dalam gawang kosong. MU unggul 1-0. Kedudukan ini bertahan hingga turun minum.

Enam menit setelah babak kedua dimulai, Rooney punya kans untuk menambah keunggulan MU. Dia memanfaatkan umpan dari Ibrahimovic, tapi tembakannya dimentahkan oleh Boruc.

Rooney benar-benar mencetak gol saat pertandingan memasuki menit ke-59. Gol ini berawal dari aksi Antonio Valencia di sisi kanan. Umpan silang dari Valencia mengarah ke Martial, yang mencoba melakukan tembakan voli. Bola tembakan Martial memantul ke tanah dan kemudian mengarah ke Rooney yang berdiri di mulut gawang. Rooney tak menyia-nyiakan kesempatan dan sundulan kepalanya membawa MU unggul 2-0.

Hanya berselang lima menit, MU mencetak gol ketiganya. Kali ini giliran Ibrahimovic yang mencatatkan namanya di papan skor. Tembakan terarah Ibrahimovic dari luar kotak penalti tak bisa dijangkau Boruc dan menembus gawang Bournemouth. MU kini memimpin 3-0.

Memasuki menit ke-69, Bournemouth memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-3 lewat gol Smith. Setelah menerima operan dari Lewis Grabban, Smith menaklukkan David de Gea dengan tembakan keras kaki kirinya.

Di injury time, Bournemouth nyaris mencetak gol lagi. Beruntung buat MU, De Gea masih bisa menepis tembakan keras Andrew Surman.

Susunan Pemain
Bournemouth: Boruc; Francis, Smith, Steve Cook, Daniels; Surman, Arter, Lewis Cook (Gradel 82′); Ibe (Afobe 68′), Wilson (Grabban 67′), King

Manchester United: De Gea; Valencia, Bailly, Blind, Shaw; Fellaini, Herrera; Mata (Mkhitaryan 75′), Rooney (Memphis 89′), Martial (Schneiderlin 85′); Ibrahimovic

sumber: sepakbola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *