INILAH SELAMATAN DESA ORO-ORO OMBO WETAN, PASURUAN

selamatan orwet

Rembang, metrosoerya – Dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73, Desa Oro-oro Ombo Wetan menggelar acara selamatan desa dan kirab budaya. Giat tersebut berlangsung 3 hari penuh, yakni hari Kamis, Jum’at dan Sabtu pada tanggal 2,3 dan 4 Agustus 2018 yang berlangsung di Balai Desa Oro-oro Ombo Wetan, kecamatan Rembang, kabupaten Pasuruan.

Rangkaian kegiatan tersebut dimulai dengan kegiatan selamatan desa, Kamis (2/08), yang dihadiri oleh Camat Rembang Iyo Ashari, Sekcam Rembang Pramudi Susanto, Kades Edi Sukwantoro, Kapolsek Rembang, Danramil Rembang, KH. Syarifuddin serta tokoh masyarakat setempat. Untuk tahun ini, selain selamatan desa akan dimeriahkan juga dengan acara orkes dan kesenian ludruk serta acara puncaknya yaitu kirab budaya.

Masyarakat desa Oro-oro Ombo Wetan sangat antusias mengikuti selametan desa, yang hadir mencapai 400 orang. Dalam sambutan Kepala Desa Edi Sukwantoro menyampaiakan terima kasih atas kehadiran masyarakat desa dalam acara selamatan desa.

 “Saya selaku Kepala Desa mengajak semua warga khususnya desa Rombo Wetan untuk banyak berdzikir dan bersyukur kepada Allah SWT”, jelas Kades Edi.

Adapun tujuan dari selamatan desa ini yaitu untuk keselamatan warga desa Oro-oro Ombo Wetan. Kades Edi juga memaparkan bahwa hasil bumi yang didapat dari desa Rombo Wetan terutama mangga gadung alpukat itu bisa melimpah ruah.

Sedangkan untuk kirab budaya Kades Edi mengatakan bahwa hasil bumi pawai budaya setiap dusun dalam bentuk tumpeng itu akan dikirab bersama-sama dari kediaman Kepala Desa hingga ke Pendopo Agung Rombo Wetan. (dndg/ing)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *