KETUA DPRD KAB PASURUAN HADIRI KIRAB BUDAYA ROMBO WETAN

garuda

Rembang, metrosoerya.com – Kirab budaya yang digelar oleh pemerintahan desa Oro-oro Ombo Wetan (Rombo Wetan/Orwet), kecamatan Rembang, kabupaten Pasuruan mendapat sambutan positif dari seluruh masyarakat desa tersebut. Acara tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu (04/08) yang dihadiri oleh Ketua DPRD II Kabupaten Pasuruan yakni Sudiono Fauzan, Camat Rembang yakni Iyo Ashari, Kepala Desa Rombo Wetan yakni Edi Sukwantoro, Kapolsek Rembang yakni AKP Bambang Sucahyono, Danramil Rembang yakni Kapten Edy Suryanto dan seluruh masyarakat Rembang.
Dalam penjelasan Kades Edi mengenai kirab budaya ini ialah bahwa hasil bumi yang ditampilkan dalam pawai budaya dari setiap dusun tersebut dikemas dalam bentuk tumpeng. Kemudian tumpeng tersebut dikirab bersama-sama dari kediaman Kepala Desa hingga ke Pendopo Agung Rombo Wetan.
Sedangkan menurut Camat Rembang, Iyo Ashari mengemukakan bahwa sangat bangga sekali atas keguyuban warga desa Rombo Wetan. “Karena mereka mandiri, sehingga tidak tergantung pada pihak lain. Tiap-tiap dusun melakukan kreasi masing-masing”, ungkap Iyo. Lebih lanjut Iyo menilai hasil bumi desa Rombo Wetan semakin meningkat. “Kita selain pawai juga dilakukan kegiatan keagamaan yaitu khataman Al-Qur’an. Walaupun seolah-olah ada hiburan budaya ludruk, namun tidak meninggalkan keagamaan”, imbuhnya.
Ketua DPRD II Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan dalam sambutannya menjelaskan bahwa dalam rangka tasyakuran atau selamatan desa dengan acara kirab tumpeng sekaligus parade budaya adalah bertujuan untuk memperingati hari ulang tahun kemerdakaan Republik Indonesia yang ke 73. “Desa Rombo Wetan, kecamatan Rembang ditahun kemarin dikenal luas masyarakat diluar Rembang, se Jawa Timur bahkan nasional sebagai penghasil mangga gadung alpukat klonal 21”, jelas Sudiono. Prodak unggulan ini adalah asset berharga masyarakat Rembang, kabupaten Pasuruan. “Tolong kualitas mangga alpukat dijaga”, pesan pria berkacamata ini kepada warga Rombo Wetan. (Dndg/ing)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *