KRONOLOGI KERUSUHAN DI LAPAS PALOPO

K640_kadiv humas polri

Jakarta, metrosoerya.comĀ  pasuruan – Kadiv Humas Polri Irjen Ronny F. Sompie menjelaskan kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Palopo berawal dari keributan sesama tahanan, Sabtu (14/12/2013) pukul 08.00 Wita.Kepala Lapas Kelas II Palopo, Sri Pamuji, didampingi oleh Kepala Keamanan Lapas, Luter Toding Pandung, mengunjungi untuk mengecek keadaan.

“Keduanya Luter) mengunjungi tahanan bernama Riti alias Herman atas kasus pencurian di ruang tahanan khusus karena dianggap kerap mengganggu tahanan perempuan di lapas,” ujar Ronny kepada INILAH.COM, Sabtu (14/12/2013).

Saat baru membuka pintu ruang tahanan, Riti langsung melakukan pemukulan terhadap Kalapas sambil berteriak memprovokasi rekan tahanan lainnya. Sri Pamuji dikeroyok dan mengalami sejumlah luka di tubuhnya.

Keributan berlanjut dengan aksi pembakaran di sebagian gedung Lapas Kelas II Palopo.

Pada pukul 13.45 Wita, aparat gabungan TNI dan Polri melakukan pengamanan dan berhasil menguasai situasi. Ratusan tahanan berhasil dikumpulkan.

Petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api. “Tidak ada korban lainnya selain Kalapas yang dipukul oleh tahanan,” ujar Irjen Ronny F. Sompie.

Hingga saat ini situasi di lokasi sudah kondusif dan dikuasai oleh aparat keamanan dari polres setempat, Batalyon Infanteri 721 dan Kodim Palopo.

“Seluruh personil gabungan yang diturunkan sekitar 350 orang. Mereka berjaga-jaga di dalam dan luar lapas,” tambahnya. [rok]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *