M. ZAINI MINTA PEMKAB PASURUAN SEGERA BENAHI MASALAH DATA BANSOS

databansos, pemkabpasuruan, metrosoerya, covid19, eritadata, dinas sosial, kabupaten pasuruan, databansos

Bangil, metrosoerya.com – Sekretaris Komisi 4 DPRD Kabupaten Pasuruan, Muhammad Zaini mendorong pemkab untuk membenahi data penerima bantuan sosial guna memastikan penyalurannya benar-benar tepat sasaran, terutama di tengah pandemi COVID-19.
“Saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan perbaikan dan pembaharuan basis data warga kurang mampu di Kabupaten Pasuruan karena penyaluran bantuan sosial cukup masif,” kata M. Zaini saat dihubungi melalui wa, Jumat (26/6)

Selain itu, dia akan mengupayakan beberapa hal strategis agar permasalahan yang terkait dengan penyaluran bansos ini terlaksana dengan baik.

“Mengapa bantuan sosial tidak tepat sasaran dari pusat hingga propinsi?  Hal ini karena pembaharuan data dari desa melalui RT dan RW tidak jalan. Edukasi belum maksimal dari Dinas Sosial terhadap jajaran pemerintah desa dan juga mungkin karena para operator desa sebagai ujung tombak belum ada insentifnya. Untuk itu kami mengupayakan agar ada insentif buat operator desa di tahun 2021,” jelas M. Zaini

Dia juga menambahkan agar pemkab harus berani membuka call center yang siap merespon untuk  setiap pengaduan masyarakat terkait permasalahan bansos berani.

“ Saya usulkan juga Verval (Verifikasi Faktual) ke lapangan wajib dilakukan sebagai tindak lanjut laporan masyarakat dengan  penerapan sanksi yg tegas kalau ditemukan data-data yang tidak sesuai kriteria. Serta tak kalah pentingnya, kami juga akan mengupayakan anggaran penyemprotan (labelisasi) setiap rumah-rumah keluarga miskin penerima manfaat sebagai bentuk pengawasan dan transparansi kepada masyarakat,”

Diakhir wawancara via wa nya, Pria asal Bangil yang juga Ketua Pansus covid 19 DPRD Kabupaten Pasuruan ini,  mengharapkan usulan-usulan dan wacana yang saya sampaikan tersebut benar-benar direspon positif dan bisa dilaksanakan oleh pemkab Pasuruan.(duro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *