MERIAHNYA SELAMATAN DESA ORO ORO OMBO WETAN REMBANG

selamatan orwet metrosoerya

Rembang, metrosoerya.com – Sudah tiga tahun, selamatan Desa Oro-oro Ombo Wetan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan dilaksanakan. Giat tersebut diawali dengan khataman Al-Qur,an dan malamnya dilanjutkan dengan Tasyakuran dan tumpengan di Balai Desa Oro-oro Ombo Wetan (17/8), orkes (18/8).  Kirab tumpeng dan kirab budaya yang diselenggarakan pada hari ini (19/8), juga malamnya dilanjut dengan pagelaran kesenian ludruk. Juga bazaar yang diselenggarakan tiga hari berturut-turut.

kades orwet metrosoerya

Acara kirab tumpeng dan kirab budaya ini dihadiri oleh Kepala Desa Oro-oro Ombo Wetan, Edi Sukwantoro, Camat Rembang, Iyo Ashari, Kapolsek Rembang yaitu Akp. Bambang, Danramil Rembang yaitu Kapt. Edy, para perangkat desa serta masyarakat Desa Oro-oro Ombo Wetan. Kades Edi berharap untuk desa yang dicintai ini menjadi desa yang baldatun toyyibatun warobun ghofur.

camat remban metrosoerya

“Saya senang acara ini meriah sekali, warga desa ini juga sangat antusias menonton kirab tumpeng dan kirab budaya”, ungkap Kades Edi.

muspika metrosoerya

Acara kirab tumpeng yaitu dimana setiap dusun membuat tumpeng yang besar dan tinggi. Tumpeng tersebut berisi hasil panen bumi yang disusun secara rapi, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Kemudian setelah melewati panggung kehormatan, tumpeng tersebut dijadikan rebutan oleh warga setempat. Warga berebut mengambil sayur-sayuran dan buah-buahan beramai-ramai. Momen seperti inilah yang ditunggu-tunggu warga.

Sementara itu menurut tanggapan Camat Rembang Iyo Ashari bahwa dengan semangat dari warga acara ini bisa memotivasi untuk mempertahankan budaya kita.

“Selain menyemarakkan 17 Agustus dalam rangka hari kemerdekaan Republik Indonesia, juga mengenai selamatan desa yang rasa syukurnya mereka sangat tinggi sekali. Kesan yang saya dalami adalah keguyuban dari warga, mereka mengorbankan waktu, tenaga dan materi”, ungkap Iyo. (dndg/ing)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *