PERSOALAN LAIN BANK SAMPAH DI LUMAJANG

Lumajan, metrosoerya.com pasuruan – Bank sampah di Kabupaten Lumajang mencapai ratusan dan masih sangat perlu adanya pembinaan dari Dinas Lingkungan Hidup. Hal ini disampaikan Ketua Forum Lumajang Sehat (FLS), Eko Romadhon Morero kepada beritajatim.com, Sabtu (06/06/2015).

“Bank sampah di Lumajang butuh pembinaan dengan dibentuk pokja bank sampah tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan/Desa,” ujar Eko.

Menurut dia, berdirinya bank sampah mulai tingkat RT, RW, dusun dan desa sangat membantu pemerintah Lumajang dalam kebersihan lingkungan. Selain itu, bank sampah membantu ekonomi keluarga dalam bentuk tabungan.

“Bank sampah ini solusi mengatasi sampah di rumah dan lingkungan,” papar pria yang juga dosen di Universitas Lumajang itu.

FLS berharap Pemkab Lumajang melalui DLH bisa melakukan study banding ke Pemkot Malang dalam bank sampah jadi solusi kebersihan lingkungan dan ekonomi keluarga. Bank sampah juga tidak mematikan pekerjaan pemulung.

“Kota Malang sangat luar bisa dalam menggendalikan sampah,” papar pembina bank sampah di Kelurahan Ditotrunan. [har/but]

link asli: bj.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *