WARGA DESA GUNUNG RANCAK MENOLAK PLT KEPALA DESA

metro 1

Warga masyarakat desa Gunung Rancak kecamatan Robatal Kabupaten Sampang tidak setuju Pelksana Tugas (Plt) kepala desa yang ditunjuk bupati bukan dari warga desa sendiri. Warga berharap pemerintah menempatkan Plt Kepala Desa berasal dari war­ga desa dan bukan dari luar desa mereka.

Aspirasi penolakan Plt kepala desa itu mereka sam­paikan di Kantor Camat Robatal Kabupaten Sampang. Pertemuan tersebut  dihadiri oleh Camat Kiyatno dan para Muspika baik Polsek maupun Koramil kecamatan Robatal. Saat menerima beberapa perwakilan warga di aula kantor camat, beberapa warga menyampaikan alasan peno­lakan mereka terhadap Plt Ke­pala Desa. Masyarakat menolak orang luar desa, yang di minta warga plt Kepala desa harus warga sendiri dan sudah PNS dinas di kecamatan Robatal.

metro 2

Menanggapi aspirasi masyarakat tersebut, Camat Kiyatno Kepada wartawan mengata­kan penetapan Plt kepala desa su­dah sesuai perbup no.31 tahun 2015 pasal 66 ayat 1 yang menyatakan  bahwa dalam hal terjadi kekosongan jabatan kepala desa dalam penyelenggaraan pemilihan kepala desa serentak. Bupati menunjuk pejabat kepala desa dan dilanjutkan di ayat 2: Pejabat kepala desa sebagaimana pada ayat 1 yang di maksud harus berasal dari PNS di lingkungan pemerintah kabupaten.

metro 3

Sementara itu warga masyarakat Gunung Rancak melalui Jalil yang merupakan tokoh masyarakat setempat, meminta keputusan itu dirubah karena yang sesuai kreteria dan tepat menjadi plt kepala desa adalah mantan sekdes Gunung Rancak yang kini dinas di kecamatan Robatal. Dan menurut warga keputusan penunjukkan plt kepala desa yang di lakukan bupati tidak sesuai UU Desa.

Lebih lanjut, warga akan melakukan demo lanjutan dengan menghadang dan melakukan penolakan calon plt kades yang diantar oleh camat bila keputusan tidak dirubah. (metro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *